Minggu, 20 Februari 2011

Istilah-istilah Umum Seputar Dunia Persatelitan (B)

B
Bandwith
Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit
BASE
Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dst.
Baud
Satuan kecepatan sinyal digital, yaitu batasan yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam bit per detik.
Baud Rate
Jumlah bit (digit biner) yang bisa dikirim oleh sebuah komputer per detik.
Beamwidth
Dalam telekomunikasi, istilah beamwidth memiliki arti sebagai berikut:
Dalam hal radio, pola antena, sudut antara setengah kekuatan (-3 dB) poin dari lobus utama, ketika dirujuk ke daya terpancar puncak efektif dari lobus utama. Catatan: Beamwidth biasanya dinyatakan dalam derajat. Hal ini biasanya dinyatakan untuk bidang horizontal, tetapi juga dapat diungkapkan dengan bidang vertikal.
BISS (Basic Interoperable Scrambling System)
adalah sistem pengacakan sinyal satelit yang dikembangkan oleh European Broadcasting Union dan konsorsium produsen hardware. Hal ini memungkinkan siapapun diperbolehkan melihat materi program (siaran televisi) hanya dengan menggunakan peralatan yang telah disetujui/disediakan. Transmisi Biss dilindungi oleh sebuah "session key" 12 digit disetujui oleh pengirim dan penerima sebelum transmisi. Kuncinya (key BISS) dimasukkan ke kedua encoder dan decoder, dengan kombinasi yang benar maka key inilah nantinya yang akan mendekripsi bagian dari enkripsi sinyal TV digital dan receiver.
Bit
Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.
Bit error rate (BER) atau (Bit error ratio)
Merupakan sejumlah bit digital bernilai tinggi pada jaringan transmisi yang ditafsirkan sebagai keadaan rendah atau sebaliknya, kemudian dibagi dengan sejumlah bit yang diterima atau dikirim atau diproses selama beberapa periode yang telah ditetapkan.
Sebagai contoh, diasumsikan berikut ini urutan bit yang ditransmisikan:
0 1 1 0 0 0 1 0 1 1,
dan pada alat penerima akan menterjemahkan urutan bit sebagai berikut:
0 0 1 0 1 0 1 0 0 1,
Maka BER pada kasus ini ada 3 kesalahan penafsiran bit (yang digaris bawah) kemudian sebagai nilai BER yang dihasilkan adalah nilai kesalahan ini dibagi dengan sejumlah bit yang kirim yaitu 10 bit, sehingga didapatkan 0.3 atau 30%.
Bps (Byte per second)
Satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik
Brightnes
Tombol pada monitor yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.
Broad Band
Pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.
Broad Band ISDN
Bentuk broad band dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.
Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream). (Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS).
Broadband Channel
Saluran data yang berkecepatan tinggi dan data akan dibawa oleh sinyal berfrekuensi tinggi.
Broadcast
Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan.
Built-in
Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.
Byte
Informasi dengan panjang 8 bit.
Byte Mode
Model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar