Minggu, 20 Februari 2011

Istilah-istilah Umum Seputar Dunia Persatelitan (P)

P
PAL
Kependekan dari phase-alternating line, phase alternation by lineatau untuk phase alternation line (bahasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dalam sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia kecuali di kebanyakan Amerika, beberapa di Asia Timur (yang menggunakan NTSC), sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (yang menggunakan SECAM, walaupun kebanyakan dari mereka telah memulai proses menggunakan PAL). PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken, dan pertama kali diperkenalkan pada 1967.
Parabola
Antena televisi berbentuk bundar spt piring cekung yg dapat menangkap siaran jarak jauh
Palapa
Nama satelit komunikasi sistem domestik yg dimiliki Indonesia
Pitch
Dot pitch merujuk pada jarak, dalam milimeter, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Umumnya, kalau jaraknya semakin dekat maka gambarnya jadi semakin tajam, jadi semakin rendah dot pitch semakin bagus.
Pixel
Picture Element, elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut pixel, pixel adalah titik-titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar. Makin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, makin besar resolusi spatial citra tersebut.
Plasma TV
Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.
Platform
Dasar penopang sistem kerja suatu perangkat.
Polarisasi
Sifat pergerakan secara oscillasi dan menuju arah tertentu dan saling tegak lurus satu sama lain, serta tegak lurus terhadap arah rambatan.
Beberapa macam / jenis polarisasi: polarisasi linear, polarisasi melingkar, polarisasi ellips. Gelombang dengan polarisasi melingkar dan polarisasi ellips dapat diuraikan menjadi 2 gelombang dengan polarisasi tegak lurus. Polarisasi linear terjadi ketika cahaya merambat hanya dengan satu arah yang tegak lurus terhadap arah rambatan atau bidang medan listriknya.
Positioner
Sebuah perangkat yg berfungsi sebagai pengatur untuk menggerakkan suatu benda (baca: actuator)
Program
Acara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar