Minggu, 20 Februari 2011

Istilah-istilah Umum Seputar Dunia Persatelitan (S)

S
Satelit
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit, yakni satelit alam dan satelit buatan.
1.   Satelit Alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya, seperti misalnya, Bulan adalah satelit alami Bumi.
Sebenarnya terminologi ini berlaku juga bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami Matahari.
2.   Satelit Buatan adalah benda buatan manusia yang beredar mengelilingi benda lain, misalnya satelit Palapa yang mengelilingi Bumi.
3.   Satelit Komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah.
4.   Untuk pelayanan tetap, satelit komunikasi menyediakan sebuah teknologi tambahan bagi kabel komunikasi kapal selam optik fiber. Untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat terbang di mana aplikasi teknologi lain seperti kabel, tidak praktis atau tidak mungkin digunakan.
Scramble
Teracak, mencampurbaurkan, memperkacaukan.
Scramble (Channel)
Siaran televisi yang teracak dengan sistim enkripsi tertentu.
SCTV (Surya Citra Televisi Indonesia)
Adalah sebuah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia.
Serat optik
Merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1]. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.
Setting
Suatu program untuk menngatur atau merubah sebuah sistem.
SHF (Super High Frequency)
Adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi yaitu di atas 3 GHz (3x109 Hz).. .
Sinyal
sinyal adalah besaran yang berubah dalam waktu dan atau dalam ruang, dan membawa suatu informasi. Sinyal disini biasanya berupa Sinyal Elektrik.
Slot
Tempat untuk menaruh perangkat-perangkat tambahan periferal pada motherboard.
Spacetoon
Spacetoon adalah sebuah stasiun televisi berjaringan di Indonesia dimiliki oleh Jaringan Penyiaran Televisi Anak Spacetoon Indonesia yang mengutamakan target penonton anak-anak. Stasiun televisi yang bekerja sama di bawah lisensi Spacetoon International ini mengudara di Jakarta (27 UHF), Bandung (30 UHF), Garut, Medan 43 (UHF), Surabaya (58 UHF), Malang, Kediri, Jember, dan Madiun. Selain melalui saluran Free-to-Air di 9 kota tersebut, Spacetoon Network Indonesia dapat ditonton melalui beberapa Jaringan Televisi Berlangganan seperti First Media, Jogja Media Net, dan jaringan Asosiasi Televisi Kabel Indonesia.
Stasiun televisi
Suatu stasiun penyiaran yang menyebarkan siarannya dalam bentuk audio dan video secara bersama-sama ke televisi penerima di wilayah tertentu.
Stereo
Reproduksi dari suara, menggunakan lebih dari satu saluran audio independen, melalui sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris, dengan cara menimbulkan suatu kesan suara yang lembut dan alamiah dari berbagai arah seakan-akan pendengaran alami. Suara stereoponis memiliki lawan suara monoponik, di mana suara berada dalam bentuk satu saluran, biasanya terletak di tengah-tengah medan suara.
Switch
-Sakelar, Kontrol yang terdiri dari mekanik atau listrik atau perangkat elektronik untuk membuat atau melanggar atau mengubah sambungan di sirkuit.
-Switch adalah sebuah alat yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar