Minggu, 20 Februari 2011

Istilah-istilah Umum Seputar Dunia Persatelitan (H)

H
Hertz (simbol: Hz)
Adalah unit SI untuk frekuensi. Kata Hertz dipilih untuk menghargai jasa Heinrich Rudolf Hertz atas kontribusinya dalam bidang elektromagnetisme.
Hertz menyatakan banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik. Contoh: Frekuensi dari gerak bandul jam dinding adalah 1 Hz.
Kelipatan satuan untuk Hertz menggunakan sistem metrik yaitu kelipatan ribuan keatas berupa kilo, mega, giga. Sedangkan kelipatan kebawah menggunakan satuan ukuran seperti desihertz, sentihertz dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya periksa tabel dibawah:
Hight Definition TV (HDTV)
Televisi resolusi tinggi atau high-definition television (HDTV) adalah standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV yang memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas dan dengan warna-warna matang. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan di Indonesia.
High-Definition Multimedia Interface (HDMI)
High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar