Minggu, 20 Februari 2011

Istilah-istilah Umum Seputar Dunia Persatelitan (I)

I
IM2 PayTV
IM2 PayTV adalah stasiun televisi kabel berlangganan yang diselenggarakan oleh PT Indosat Mega Media dengan lebih dari 46 saluran TV internasional.
Indosiar
Adalah salah satu stasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Stasiun televisi ini beroperasi dari Daan Mogot, Jakarta Barat. Indosiar didirikan dan dikuasai oleh Grup Salim melalui PT Indosiar Karya Media Tbk yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.
Dalam siarannya, Indosiar banyak menekankan kebudayaan. Salah satu program kebudayaan yang selalu ditayangkan adalah acara pertunjukan wayang pada malam minggu.
Bentuk logo Indosiar yang sangat mirip dengan bentuk logo Televisi Broadcasts Limited, Hongkong
Direktur Utama Indosiar saat ini adalah Handoko.
Indostar (Satelit Cakrawarta)
Indostar atau Satelit Cakrawarta merupakan satelit penyiaran yang memberikan pelayanan jasa komunikasi (penyiaran) di daerah Asia, khusunya Indonesia. Ada dua macam satelit bernama Indostar, yang pertama kali diluncurkan bernama Indostar-1, yang kedua bernama Indostar II.
Infrared (Inframerah)
Radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskop
Intensitas
Istilah yang banyak digunakan untuk merujuk ke:
    * Kekuatan
    * Amplitudo
    * Derajat
    * Jarak
Fisika:
    * Intensitas (fisika), daya per luas wilayah(W/m2)
    * Kekuatan bidang listrik, magnet, maupun elektromagnetik (V/m, T, dll.)
Optik:
    * Intensitas radian, daya per satuan sudut benda (W/sr)
    * Intensitas cahaya, aliran cahaya per satuan sudut benda (lm/sr atau cd)
    * Iradiansi, daya per luas permukaan (W/m2)
Astronomi:
    * Radiansi, daya per unit sudut benda per satuan daerah yang diproyeksikan (W·sr-1·m-2)
Seismologi:
    * Skala intensitas Mercalli, ukuran dampak gempa bumi
    * Intensitas gempa bumi Badan Meteorologi Jepang, ukuran dampak gempa bumi
    * Akselerasi tanah puncak, ukuran akselerasi gempa bumi (g atau m/s2)
Interferensi
Adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah. Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak. Bersifat membangun jika beda fase kedua gelombang sama sehingga gelombang baru yang terbentuk adalah penjumlahan dari kedua gelombang tersebut. Bersifat merusak jika beda fasenya adalah 180 derajat, sehingga kedua gelombang saling menghilangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar